ringkasan Nahwu

PEMBAGIAN KATA DAN KALIMAT
Kata  ( كلمة)
Isim ( kata benda)
Fi’il ( kerja )
Huruf ( kata sambung )
أَحْمَدُ , ٌقَلَمٌ
فَتَحَ , يَفْتَحُ , إِفْتَحْ
وَ, فِى , عَلى
 ­
Tanda – tanda isim :
Bisa dimasuki حرف قسم  (واوباء , تاء )
Bisa dimasuki حرف جر
Bisa dimasuki اَلْ
Bisa dimasuki تنوين
وَاللهِبِاللهِتَاللهِ
المَدْرَسَةُ قَرِيْبٌ مِنَ البَيْتِ

Macam – macam huruf jer antara lain :
®    مِنْ         : dari
®    اِلَى        : ke
®    عَنْ        : dari
®    عَلَى       : di atas
®    فِيْ         : di dalam
®    رُبَّ       : banyak sekali
®    بَاءْ        : dengan
®    كَافْ      : seperti
®    لاَمْ         : milik / karena
Tanda – tanda fi’il
·         Qod (terletak setelah qod قد )
Misal : قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا
·         Sin  (diawali huruf sin)
Misal: وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَنُدْخِلُهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَارُ  ...
·         Saufa (terletak setelah kata saufa سَوْفَ)
Misalnya : إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَاراً
·         Ta’ ta’niits sakiinah (ta’ yang menunjukkan bahwa pelakunya adalah muannats)
Misalnya:
ولَقَدْ هَمَّتْ بِهِ وَهَمَّ بِهَا
·         Bersambung dengan ta’ fail.
Misalnya: هَلْ كَتَبْتَ الدَرْسَ؟
·         Diawali huruf Mudhoro’ah. ( huruf yang mengawali fiil mudhori.yaitu أ , ي , ن , ت )
Misalnya: أَذْهَبُ إلَى المَعْهَد
·         Bersambung dengan Nun Taukid yaitu nun yang menunjukkan penekanan (taukid).
Misalnya: و
لاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
·         diawaliإذْ”. Yaitu huruf yang biasanya masuk pada fiil madhi.
Misalnya:
إِذْ رَأَى نَاراً

Tanda- tanda huruf
Huruf, tidak memiliki tanda tanda khusus..
KALIMAT ( جملة )
جملة إسمية
جملة فعلية
مبتداء + خبر
فعل + فاعل
الحمدُ + للهِ
يقرأُ + أحمدُ + القرأنَ
Untuk mengetahui apakah jumlah itu jumlah ismiyyah atau jumlah fi’liyyah antara lain dengan melihat kata yang pertama pada kalimat itu. Jika kata pertama pada kalimat itu berupa isim maka kalimat itu disebut jumlah ismiyyah, dan jika kata pertama dalam kalimat itu berupa fi’il maka kalimat itu disebut jumlah fi’liyyah.
PEMBAGIAN ISIM
ISIM MABNI dan MU’ROB
اسم مبني  adalah kata yang akhirnya tidak berubah-ubah (tetap).
1.      ISIM DLOMIR
Makna
Ket.
Rofa’
Nashob
Dia
Lk
1
Ghoib
هُوَ
إياهُ
Mereka
Lk
2
Ghoib
هُمَا
إياهُما
Mereka
Lk
3+
Ghoib
هُمْ
إياهُمْ
Dia
Pr
1
Ghoib
هِيَ
إياهَا
Mereka
Pr
2
Ghoib
هُمَا
إياهُما
Mereka
Pr
3+
Ghoib
هُنَّ
إياهُنَّ
Kamu
Lk
1
Hadir
اَنْتَ
إياكَ
Kalian
Lk
2
Hadir
اَنْتُمَا
إياكما
Kalian
Lk
3+
Hadir
أَنْتُمْ
إياكُمْ
Kamu
Pr
1
Hadir
اَنْتِ
إياكِ
Kalian
Pr
2
Hadir
اَنْتُمَا
إياكما
Kalian
Pr
3+
Hadir
اَنْتُنَّ
إياكُنَّ
Saya
اَنَا
إياي
Kita
نَحْنُ
إيانا

3.      ISIM MAUSUL (kata sambung)
Ada 3
 




Perempuan                                                                           Laki-laki 

3+            2                  1                                           3+                   2              1
(اللَّاتِيْ)            (اللَّتَانِ)       (الَّتِيْ)                         (الَّذِيْنَ)            (اللَّذَانِ)      (الَّذِيْ)
4.      ISIM ISTIFHAM (kata pertanyaan)
Ada 10:
·        مَنْ
·        مُنْذُ
·        مَاذَا
·        مَتَى
·        اَيَّانَ
·        اَيْنَ
·        كَيْفَ
·        أّنَّى
·        كَمْ
·        أيُّ

5.      ISIM SYARAT
Ada 9:
·        مَنْ
·        مَا
·        مَهْمَا
·        مَتَى
·        اَيَّانَ
·        اَيْنَ
·        اَنَّى
·        حَيْثُمَا
·        كَيْفَمَا

6.      ISIM FI’IL
Ada 3


اسم فعل مضارع                                       اسم فعل ماضى                             اسم فعل أمر
Diamlah
اُسْكُتْ
بِمَعْنَى
صَهْ



اسم فعل أمر


Berhentilah
اِنْكَفِفْ
بِمَعْنَى
مَهْ
Kabulkanlah
اِسْتَجِبْ
بِمَعْنَى
آمِيْنَ
Pegang teguhlah
اِلْزَمْ
بِمَعْنَى
عَلَيْكَ
Ambillah
خُذْ
بِمَعْنَى
دُوْنَكَ
Jauh sekali
بَعُدَ
بِمَعْنَى
هَيْهَاتَ

اسم فعل ماضى           
Jauh berbeda
اِفْتَرَقَ
بِمَعْنَى
شَتَّانَ
Mengaduh, kesakitan
اَتَوَجَّعُ
بِمَعْنَى
اَوَّهْ

اسم فعل مضارع           
Jemu, bosan
اَتَضَجَّرُ
بِمَعْنَى
اُفٍّ

ISIM MU’ROB
اسم معرب           adalah kata yang akhirnya berubah-ubah.
·        اِسْمُ مُفْرَدْ    (1) Lk/Pr                : kata yang tidak ada tanda-tanda تَثْنِيَةْ , جَمْعُ مُذَكَّر,         dan جَمْعُ مُئَنّث
·        اِسْمُ تَثْنِيَةْ     (2) Lk/Pr               : اِسْمُ مُفْرَدْ yang akhirnya ditambahi يْنِ...../ انِ........
·        جَمْعُ مُذَكَّر سَالِمْ (3+) Lk/Pr        : اِسْمُ مُفْرَدْ yang akhirnya ditambahi يْنَ...../ وْنَ.......
·        جَمْعُ مُئَنّث سَالِمْ (3+) Lk/Pr       : اِسْمُ مُفْرَدْ yang akhirnya ditambahi اتٌ.......

ISIM MAQSUR dan MANQUS

اِسْمُ مَقْصُوْر   : kalimat yang huruf akhirnya berupa اَلِفْ لَازِمَة
                   Contoh : مُصْطَفَى
اِسْمُ مَنْقُوْص   : kalimat yang huruf akhirnya berupa يَاء لَازِمَة
                   huruf sebelumnya dibaca kasroh. Contoh : الْقَاضِيْ

ISIM NAKIROH dan MA’RIFAT

اِسْمُ نَكِرَة           : adalah isim yang menunjukkan arti umum (tidak jelas).
اِسْمُ مَعْرِفَة       : adalah isim yang menunjukkan arti khusus (jelas).

اِسْمُ مَعْرِفَة antara lain adalah :
1.      اِسْمُ ضَمِيْر                  : keterangan di atas
2.      اِسْمُ عَلَم                               : nama orang/ nama kota (احمد, بكر )
3.      اِسْمُ اِشَارَة                             : kata petunjuk ( هذا , تلك  )
4.      اِسْمُ مَوْصُوْل                : kata sambung ( الذي  , التي )
5.      الْمُحَلِّى بِالْ                  : isim yang dimasuki ال ( المدرسة  )
6.      الْمُضَافُ اِلَى اِحْدَاهَا       : isim yang disambung dengan salah satu kalimat          diatas (  عبد الله  )
7.      الْمُنَادَى المَقْصُوْدُ بِالنِّدَاءِ   : memanggil orang yang dikehendaki ( يا زيد  )


PEMBAGIAN FI’IL
فعل
أمر
مضارع
ماضى
kata kerja bentuk perintah
kata kerja bentuk sedang atau akan datang
kata kerja bentuk lampau
bacalah( إِقْرَأْ )
Sedang menulis ( يَكْتُبُ)
Telah makan (أَكَلَ)

I’ROB
I’ROB
TANDA
KALIMAT
CONTOH
MASUK PADA
Rofa’
Dhommah ( ــُ )
Isim Mufrod[1]
الطَالِبُ مَاهِرٌ
Isim :
·         Mubtada’
·         Khobar
·         Fa’il
·         Naibul fa’il
·         Isim kana
·         Khobar inna
·         Tawabi’
Fi’il :
·         Fi’il mudhori’ yang tidak bertemu dengan amil nashob dan jazm
Jama’ taktsir[2]
الطُّلَابُ فِي الفَصْلِ
Jama’ muannats salim[3]
الطَالِباتُ مَاهراَتٌ
Fi’il mudhori’
أَسْتَمِعُ القُرْآنَ
Alif ( ا )
Isim tatsniyah[4]
الطَالبانِ فِي المَيْدَانِ
Wawu + nun ( ون )
Isim jama’ mudzakkar salim[5]
الطالبُوْنَ فِي المَكْتَبَةِ
Asmaul khomsah[6]
أَبُو هُرَيْرَةَ ذُوْ عِلْمٍ كَثِيْرٍ
Nun ( ن )
Af’alul khomsah[7]
الطُلَّابُ يَنْعَسُونَ فِي الفَصْل
Nashob
Fathah
Isim Mufrod
إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ
Isim :
·         Maf’ul bih
·         Maf’ul muthlaq
·         Maf’ul ma’ah
·         Maf’ul fih
·         Maf’ul li ajlih
·         Hal
·         Tamyiz
·         Khobar kana
·         Isim inna
·         Maf’ul 1 dan 2 dhonna
·         Mustasna
·         Munada
·         Isim la
·         Tawabi’
Fi’il :
·         Fi’il mudhori’ yang bertemu ‘amil nashob
Jama’ taktsir

إِنَّ العُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ
Fi’il mudhori’
لَنْ اَقْتُلَ المُسْلِمَ
Alif
Asmaul khomsah
اِنَّ اَبَاكَ عَلِيْمٌ
Kasroh
Jama’ muannas salim
اِنَّ المُسْلِمَاتِ يَقْرَأْنَ القُرْآنَ
Ya
Jamak mudzakar salim
اِنَّ المُنافِقِيْنَ في النارِ
Isim tasniyah
رَأَيْتُ الطالبَيْنِ في الفَصْلِ
Membuang nun
Af’alul khomsah
لنْ تَنَالُوا العِزَّةَ
Jar
Kasroh
Isim Mufrod
قَلَمِي على المَكْتبِ
Isim :
·         Dijarkan dengan huruf
·         Idhofah (menjadi mudhof ilaih)
·         Tawabi’
Jama’ taksir
نظَرْتُ الى النُجُومِ
Jama’ muannas salim
سلَّمْتُ على الطالبَاتِ
Ya’
Asmaul khomsah
تذهَبُ الى اخِيْك
Isim tasniyah
سلَّمْتُ على الطالِبَيْنِ
Jama’ mudzakar salim
اللهم اجْعَلْنا مِنَ الفائِزِيْنَ
Fathah
Isim ghoiru munshorif
هذه السَيّارَةُ لعائشَةَ
Jazm
Sukun
Fi’il mudhori’ shohih akhir [8]
لماذا لَمْ تجْتَهِدْ
Fi’il mudhori’ yang bertemu dengan ‘amil jazm
Membuang nun
Af’alul khomsah
تَغْتَسِلُونَ--> لَمْ تَغْتَسِلُوا
Membuang huruf ‘illat
Fi’il mudari’ mu’tal akhir[9]
يَدْعُوْ -- > لَمْ يَدْعُ

AMIL NASHOB
Amil nashob ada 10, yaitu :
اَنْ
اُرِيْدُ اَنْ اَحْفَظَ القُرْآنَ
Biasanya tidak diartikan
لَنْ
لَنْ يُفْلِحَ الكافِرُ
Tidak akan
إِذَنْ
إِذَنْ اسْتَمِعَه
Kalau begitu
كَيْ
إتَّقِ اللهَ كَيْ تَسْعَدَ
Supaya
لام كَي
اذْهبُ الى المكتبةِ لأَقْرَأَ الكُتُبَ
Untuk / agar
لام الجحود
ما كان اللهُ لِيُعَذَّبَهمْ
Jatuh setelah kana yang dinafikan
حتَّى
لنْ تنجُوَ حتى تُؤْمنَ بِاللهِ
Sehingga
فاء الجواب
إجْتَهِدْ فى التعلمِ فَيَفْرَحَ ابوْكَ
Maka ( jatuh setelah fi’il amr atau nahi)
واو معية
لا تكسلْ و تَجْهَلَ
Padahal / sedangkan
اَوْ
اُنْصُرْ اخاك او يَخُونَكَ
Sehingga / kecuali

AMIL JAZM
عوامل الجزم
فعلا واحدا (menjazmkan satu fi’il)
لَمْ
لَمْ يَلِدْ و لمْ يُولدْ
Tidak
لَمَّا
لَمَّا اغْتَسِلْ
Belum
لام الأمر
لِيُكْرِمْ الطالبُ أُسْتاذَه
Hendaklah
لا ناهية / دعاء
لا تُهْمِلْ خَيْرا , ربنا لا تُؤَاخِذْنا
Janganlah
فعلين ( menjazmkan dua fi’il)
اِنْ
اِنْ تَظْلُم تَنْدُمْ
Jika
ما
ما تتصدقْ يضاعفْه اللهُ
Apa saja
مَنْ
منْ يكسلْ يَجهلْ
Siapa saja/ barang siapa
مهما
مهما تُعطِنا نشْكُرْك
Apa saja
اِذْما
اذما تُحْسِنْ الى غيرك يُثْبِك الله
Jika
ايَّ
ايَّ خيرٍ تعملْ يُجْزَ
Apa / apa saja
متى
متى تُفارقْنى افرحْ
Kapanpun
ايَّانَ
ايان تعصِ الله يُهِنْك
Kapanpun
اين
اينما تكونوا يُدْركْكم الموتُ
Dimanapun
انَّى
انى تتقِ اللهَ تفُزْ
Dimanapun
حيثما
حيثما تطيعوا الله تفلحوا
Dimanapun
كيفما
كيفما تأكلْ آكلْ
Bagaimana saja

ISIM GHOIRU MUNSHORIF
Isim ghairu munsharif adalah isim yang, walaupun tidak ada kata sandang alif dan lam (ال ) tidak ditanwin. Ada beberapa isim ghairu munsharif, antara lain:
a.       Nama (orang/kota dll) perempuan yang hurufnya lebih dari tiga.  
 Contoh:      فاطِمَةُ , عَرفَةُ ) Fatimah, Padang Arafah)
b.      Nama orang laki-laki tetapi diakhiri dengan ta’ marbuthah. 
Contoh:  حَمْزَةُ ) Hamzah)
c.       Nama (orang/kota dll) yang aslinya bukan nama Arab.  
Contoh: إِبْرَاهِيْمُ , دِمَشْقُ  )Ibrahim, Damaskus)
d.      Nama yang menyerupai fi’il.   
Contoh: أَحْمَدُ, يَزِيْدُ  ) Ahmad, Yazid)
e.       Nama yang diakhiri dengan  ا + ن  
Contoh:  عُثْمَانُ (Usman)
f.       Bentuk jama’ taksir yang huruf ketiganya alif sementara harakat dua huruf sebelumnya fathah semua, dan huruf sesudah alif dikasrah. Jama’ taksir yang ini biasa disebut dengan muntahal jumu’.   
Contoh:   ) مَسَاجِدُmasjid-masjid)
g.      Bentuk jama’ taksir yang hurufnya lebih dari empat dan diakhiri oleh alif dan hamzah  Contoh:   )  عُلَمَاءُUlama`)
h.      Kata sifat untuk perempuan yang diakhiri dengan alif dan hamzah.   
Contoh:  ) حَمْرَاءُ merah)
i.        Kata sifat yang diakhiri dengan alif dan nun.   
Contoh: ) سكرَانُ yang mabuk)
j.        Kata sifat yang menyerupai fi’il.  
Contoh: ) أَحْمَرُmerah),  أَبْيَضُ (putih), أَصْفَرُ  (kuning),  أَفْضَلُ (lebih utama).
Catatan: Isim ghairu munsharif kalau sudah diberi kata sandang alif dan lam ( ال ) atau menjadi mudhaf, maka menjadi isim munsharif, sehingga jika dibaca jarr dikasrah.
ISIM – ISIM YANG DIBACA ROFA’
FAIL
فاعل      : isim yang dibaca rafa’ yang jatuh setelah fi’il mabni ma’lum. (subyek/ pelaku pekerjaan). Fa’il harus sama dengan fi’ilnya dalam mudzakkar muannasnya.
Contoh : يجلسُ الطالبون , تذهب طبيبة
فاعل
اسم ظاهر
اسم ضمير
يبكي خالدٌ
قرأتُ القرآنَ

NAIBUL FA’IL
نائب الفاعل          : isim yang dibaca rafa’ yang jatuh setelah fi’il mabni majhul/pasif. (tidak menyebut fa’ilnya).
Contoh : فُتِحَ البابُ , قظفتْ الزهرةُ
Cara membuat fi’il mabni majhul:
-          Madly : di dhommah huruf awalnya, dikasroh huruf sebelum akhirnya
Contoh :  نَصَرَ  à نُصِرَ
-          Mudhori’ : didhommah huruf awalnya, difathah huruf sebelum akhirnya
Contoh : يَتَعَلَّمُ  à يُتَعَلَّمُ
فاعل نائب
اسم ظاهر
اسم ضمير
عُذِّبَ المنافِقُ
نُصِرْنا فى الجهاد


MUBTADA‘ DAN KHOBAR
مبتدأ       : isim yang dibaca rafa’ yang bertempat pada permulaan kata
خبر       : isim yang dibaca rafa’ yang jatuh setelah مبتدأ
CONTOH :
خبر
مبتدأ
نورٌ
العلمُ
كبيرةٌ
المدرسةُ
قَائِمٌ
أنَا

·         Khobar dibagi menjadi dua,yaitu :
1.    Khobar mufrod, seperti :   زَيْدٌ قَائِمٌ
o   Khobar mufrod terdiri dari 3, yaitu :
1.    Isim mufrod, seperti :  زَيْدٌ قَائِمٌ
2.    Isim tasniyah, seperti :  الزَّيْدَانِ قَائِمَانِ
3.    Jama’, seperti : الزَّيْدُونَ قَائِمُونَ
2.    Khobar ghoiru mufrod, seperti :                 زَيْدٌ قَامَ أَبُوْهُ
o   Khobar ghoiru mufrod terdiri dari :
1.    Khobar berupa jar majrur, seperti :   زَيْدٌ في المَسْجِدِ
2.    Khobar berupa dhorof, seperti :  المَسْجِدُ جَانِبَ المَدْرَسَةِ
Keduanya disebut sibhul jumlah
3.      Khobar yang berupa jumlah, seperti :   
Ismiyah :   زَيْدٌ كِتَابُهُ جَدِيدٌ
Fi’liyah :   زَيْدٌ قَامَ أَبُوْهُ
Antara mubtada` dan khabar harus ada kesesuaian dalam jenis (mudzakkar atau mu’annatsnya) dan jumlah/adad (mufrad, mu`tsanna atau jama’nya). Apabila dibuat dalam tabel contoh maka menjadi sebagai berikut:

MUFROD
MUTSANNA
JAMA’
MUDZAKKAR
المدرس مجتهد
المدرسانِ مجتهدانِ
المدرسون مجتهدون
MUANNATS
المدرسة مجتهدة
المدرستان مجتهدتان
المدرسات مجتهدات

Susunan mubtada’ dan khobar bisa dibentuk dengan mendahulukan khobar daripada mubrada’nya ( khobar muqaddam). Biasanya berupa jer majrur atau dzorof, dengan ciri, setelah susunan jer majrur atau dzorof berupa kalimat isim.
Contoh : على المكتبِ قلمٌ , عندَ بَكْرٍ ضَيْفٌ , هناك طالبةٌ
KANA DAN SAUDARANYA
Pengamalan : merofakkan isim menashobkan khobar ( ترفع الإسم و تنصب الخبر )
Contoh : احمدُ تاجرٌ  à كانَ احمدُ تاجراً
Kana dan saudaranya beserta tasrifannya juga beramal sebagaimana kana.
صَارَ
بَاتَ
ظَلَّ
اَضْحَى
اَصْبَحَ
اَمْسَى
كانَ
Menjadi
Pada waktu malam
Pada waktu siang, menjadi
Pada waktu dhuha, menjadi
Pada waktu pagi, menjadi
Pada waktu sore, menjadi
Adalah, menjadi

ما دام
ما بَرِحَ
ما فَتِئَ
ما انْفَكَ
ما زَالَ
لَيْسَ

Sepanjang, selama
Senantiasa, terus – menerus
Senantiasa, selalu, tak henti - hentinya
Terus – menerus, tidak henti - hentinya
Senantiasa, terus – menerus, masih
Tidak, tidak ada, bukan

INNA DAN SAUDARANYA
Pengamalan : menashobkan isim , merofa’kan khobar (تنصب الإسم و ترفع الخبر )
Contoh : اللهُ قديرٌ  à إِنَّ اللهَ قديرٌ
Contoh
Arti

إن اللهَ سميعٌ عليمٌ
Sesungguhnya
إِنَّ
أشهد أنَّ محمدًا رسولُ اللهِ
Bahwasanya
أَنَّ
طلحةُ غَنِيٌ لكن إبنَهُ فقيْرٌ
Tetapi
لَكِنَّ
كأن الكتابَ أُستاذٌ
Seolah – olah
كَأَنَّ
ليت السعادةَ فى الدنيا باقيةٌ
Seandainya
لَيْتَ
لعل المطرَ نازِلٌ
Semoga
لَعَلَّ

NA’AT
نعت/ صفة           : isim yang dibaca rafa’, nashab, serta jar, untuk mensifati lafadz yang diikutinya (موصوف)
Contoh : نجحَ طالبٌ مجتهدٌ , احترمتُ الأثستاذة َ العالمةَ  , هذا الكتابُ للرجلِ النشيْطِ
Na’at dan man’ut harus sesuai dalam hal :
-      Mufrod, mutsanna, jama’
-      Ma’rifat, nakiroh
-      Mudzakkar, muannats
-      I’rob
ATHOF
عطف     : isim yang dibaca rafa’, nashab, serta jar mengikuti ma’thufnya dengan menggunakan huruf athaf (حروف عطف). Disebut juga عطف نسق
Contoh : لعبَ فريدٌ و خالدٌ , تزوَّجْ بريرةَ او اختَها  , لمْ يدخِّنْ محمدٌ لكن فريدٌ
Huruf athof
اَمْ
اَوْ
ثُمَّ
فَــ
وَ
Atau
Atau
Kemudian
Lalu
Dan

حتَّى
بَلْ
لَكِنْ
لاَ

Hingga
Tetapi/bahkan
Tetapi
Bukan

TAUKID
توكيد      : isim yang dibaca rafa’, nashab, serta jar untuk menguatkan lafadz di depannya  (مؤكد)
Contoh : سافرَ الأُستاذُ نفسُهُ ( ustadz benar – benar telah pergi). Lafadz nafsuhu menjelaskan bahwa yang pergi adalah benar – benar ustadz, bukan yang lain.
Taukid ada dua :
-      Lafdzi : penguatan dengan lafadz yang sama atau semakna
Contoh : جلس حارثٌ حارثٌ , جلس قعدَ بكرٌ
-      Ma’nawi : penguatan dengan lafadz – lafadz tertentu, yaitu نَفْس , عَيْن  , كِلا , كِلَيْ , كِلتا , كِلتَيْ , كُلُّ , جميع , أَجْمَعَ  dan lafadz yang mengikuti أجمع
( أكتع , ابتع , أبصع )
BADAL
بدل        : isim yang dibaca rafa’, nashab, serta jar untuk menjelaskan lafadz di depannya (مبدل منه) tanpa memakai huruf perantara (langsung)
Contoh : , قرأ محمدٌ الكتابَ ثُلُثَهُ  جاءت أمُّكَ هندٌ

ISIM – ISIM YANG DIBACA NASHOB
A.    Maf’ul bih
Maf’ul bih adalah isim yang dibaca nashab yang menjadi akibat dari pekerjaan fa’il ( objek dari suatu pekerjaan )
Maf’ul bih
Isim dhohir
ضربت زيدا
Isim dhomir
Muttasil [10]
رايتك
Munfasil [11]
رايت اياك


B.     Maf’ul muthlaq
Maf’ul mutlaq adalah isim yang dibaca nasob yang menguatkan fi’il, menjelaskan cara atau bilangan. Maf’ul muthlaq dapat berupa mashdar yang dinashobkan oleh fi’il baik lafdzon wa ma’nan atau lafdzon saja.
Contoh :
menguatkan fi’ilnya          :  , أكلتُ التفاحَ أكلاً  نصرت بكرا نصرا
Menjelaskan cara               :  جلسَ فريدٌ جلوسَ الشيخِ
Menjelaskan bilangan        : ضربَتْ خَدِيْجَةُ السارقَ ضرْبةً
Maf’ul Muthlaq
Lafdzi (lafadznya cocok dengan lafadnya fi’il)
Ma’nawi (cocok ma’nanya bukan lafadznya)
ضرب زيد عمرا ضربا
جلست قعودا

C.    Maf’ul ma’ah
Maf’ul ma’ah adalah isim manshub (isim yang dinashab) yang disebutkan setelah huruf “و” (yang bermakna “مع  (bersama)” ) untuk menunjukkan suatu kebersamaan.
Contoh : سافرَ خليلٌ والليلَ

D.    Maf’ul fih / Dzorof
Maf’ul fih ( dhorof )
1.      Zaman (kalimat isim yang yang dibaca nashab yang menunjukan arti waktu dengan menyimpan makna في)
اليوم
mulai terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari (siang hari)
اليلة
mulai terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar shodiq (malam hari)
غدوة
waktu mulai sholat subuh sampai terbitnya matahari (pagi hari)
سحرا
akhirnya malam sebelum mendekati fajar
غدا
nama hari setelah hari yang kita masuki (besok)
عتمة
nama dari 1/3 malam yang awal (dini hari)
صباح

permulaaan hari setelah terbitnya fajar sampai zawal (pagi-siang)
مساء
mulai dhuhur sampai akhir sore (sore)
ابدا
waktu yang tidak ada batasnya (selamanya)
2.      Makan (kalimat isim yang dibaca nashab yang menunjukan arti tempat dengan menyimpan makna في)
أَمَامَ
            Di depan
خلفَ
Di belakang
 فوق
Di atas
 تحت
Di bawah
 عند
Pada, di ( di dekat, di hadapan), pada waktu, ketika, tatkala
 مع
 Bersama
 ازاء
Di muka, di hadapan
 حذاء
Di hadapan
 تلقاء
Di hadapan
 هنا
Isim isyaroh yang bermakna tempat yang dekat (di sini)
 ثم
Isim isyaroh yang bermakna tempat yang jauh (di sana)

Contoh : سافرتُ اليومَ



E.     Maf’ul li ajlih
Maf’ul li ajlih adalah isim manshub yang disebutkan setelah adanya pekerjaan, sebagai alasan kenapa pekerjaan itu ada. Contoh : قامَ التلامِيْدُ إِحْتِرأمًا لأُسْتاذِهِمْ
  1. Maf’ul li ajlih harus berupa masdar
  2. Maf’ul li ajlih harus merupakan perbuatan-perbuatan yang berhubungan dengan hati, semisal, takut, benci, cinta.
  3. Maf’ul li ajlih digunakan sebagai sebab terjadinya perbuatan.
  4. Maf’ul li ajlih dapat dicari dengan menggunakan kata tanya “mengapa?”.
F.     Hal
Hal adalah isim yang dibaca nashab yang menerangkan keadaan shohibul hal yang belum jelas. Contoh:

راكِبًا
زيدٌ
جاء
حال
صاحب الحال
عامل

Lafadh (راكبا) dibaca nashab sebab menjadi Hal yang untuk menjelaskan keadaan Zaid.
Pada dasarnya yang bisa menjadi hal adalah isim sifat. Namun ada juga hal yang berupa isim masdar. Contoh : أشهد أن لا إله إلا الله وحدَه لا شريك له

G.    Tamyiz
Tamyiz adalah isim yang dibaca nashob yang menjelaskan Dzat atau Nisbat yang masih samar.
Tamyiz itu dibagi menjadi 2, yaitu;
1.      Tamyiz Dzat (mufrod), yaitu tamyiz yang menerangkan samarnya Dzat. Tamyiz Dzat dibagi menjadi 4, yaitu;
a.       Adad (bilangan). Contoh:اشتريت عشرينَ غلامًا  
b.      Miqdar (kira-kira)
Adakalanya:
·         Berupa takaran. Contohnya:  اشتريت قفييزًا برًا
·         Berupa timbangan. Contohnya: اشتريت مَنًا سَمْنًا
·         Berupa ukuran. Contohnya: اشتريت شِبرًا ارضًا
c.       Syibh Miqdar contohnya: مثقال ذرَّةٍ خيرًا
d.      Cabang dari tamyiz. Contoh: هذا خاتمُ حديدٍ
Adapun yang menashobkan Tamyiz Dzat yang samar, yakni berupa adad, maqadir, dan lain-lain.
2.      Tamyiz Nisbat (tamyiz jumlah). Yaitu tamyiz yang menjelaskan samarnya nisbat.
Tamyiz Nisbat dibagi menjadi 2, yaitu;
a.       Tamyiz Muhawwal. Yaitu tamyiz yang asalnya perpindahan dari perkara lain. Dibagi mejadi 3, yaitu;
·         Muhawwal Anil Fa’il (perpindahan dari fa’il). Contoh:
طاب نفسُ محمدٍ  à  طاب محمدٌ نفسًا
تصببَ عرقُ زيدٍ  à تصببَ زيدٌ عرقا
·         Muhawwal Anil maf’ul bih (perpindahan dari maf’ul bih). Contoh:
وفجرنا عيون الارضِ à  وفجرنا الارضَ عيونًا
·         Muhawwal Anil Mubtada’ (perpindahan dari mubtada’). Contoh:
ابو زيدٍ اكرم منك à زيدٌ  اكرمٌ منك ابًا
b.      Tamyiz bukan Muhawwal. Yaitu pertama kali sudah menjadi Tamyiz, bukan pindahan dari yang lain. Contoh:
امتلأ الخوضُ ماءً
Adapun yang menashobkan Tamyiz Nisbat adalah Fi’il atau Syibih Fi’il.
Hukum-hukum Tamyiz:
·         Dibaca nashob
·         Berupa isim Nakiroh
·         Jatuh setelah sempurnanya kalam


H.    Istitsna’
Istisna adalah lafazh yang dikecualikan dengan memakai  “illaa” (اِلاَّ) maupun adat istisna’ yang lain. Macam – macam adat istisna’ yaitu إلاَّ , غَيْرُ , سِوًى , سُوًى , سَوَاءٌ , خلا , عدا , حاشا  
إعراب مستثنى بـ ...
قام القومُ إلا خالداً
نصب
متصل
كلام تام موجب
إلا
قام القومُ إلا حمارا
نصب
منقطع
ما قام القومُ إلا خالدٌ
بدل
متصل
كلام تام منفي
ما قام القومُ إلا خالداً
نصب
ما قام القومُ إلا حمارا
نصب
منقطع
ما قام إلا زيدٌ
رفع
تابع الى العامل
كلام ناقص
ما رأيت إلا بكرا
نصب
ما مررت إلا بزيدٍ
جر
جر
مستثنى
غير/سِوًى/ سُوًى/سواءٌ
قام القوم غيرَ زيدٍ
نصب
تام موجب
اداة الإستثناء
ما قام القوم غيرُ / غيرَ زيدٍ
بدل / نصب
تام منفى
ما رأيتُ غيرَ زيدٍ
تابع للعامل
ناقص
قام القومُ خلا زيدا
كالفعل
نصب
خلا / عدا / حاشا
قام القومُ خلا زيدٍ
كالحرف
جر

Keterangan :
Kalam tam       : kalimat yang menyebutkan mustatsna dan mustatsna minhu
Kalam naqis    : kalimat yang hanya menyebutkan mustatsna saja
Kalam mujab   : kalimat yang tidak didahului nafi dan istifham
Kalam manfi    : kalimat yang didahului nafi dan istifham
Kalam muttasil : mustatsna dan mustatsna minhu sejenis
Kalam munqathi’ : mustatsna dan mustatsna minhu tidak sejenis

I.       Isim la
Isimnya la dapat beramal seperti inna dengan syarat :
-          isim dan khobar nakiroh
-          tidak ada pemisah antara la dan isimnya
-          tidak didahului huruf jer
contoh : لا الهَ الاّ اللهُ
Isimnya لا ada 3 macam bentuk :
1.      Mufrod
Jika isimnya لا berupa mufrod maka dimabnikan menurut tingkah I’rob nashobnya
a.       Mabni fathah, bila isimnya لا berupa isim mufrad dan jamak taksir
Contoh: لا رجلَ حا ضر  (isim mufrod)
b.      Mabni atas Ya
            Bila berupa isim tasniyah dan jamak mudzakar salim
            Contoh: لا رجلَيْنِ في الدار (isim tasniyah)
                          لا قائمِيْنَ في السوق (jama mudzakar salim)
c.       Mabni kasroh, bila berupa jamak mantas salim
Contoh:  لا مسلمات حا ضرا ت
2.      Mudhof
Jika isimnya لا  berupa mudhof, maka hukumnya mu’rob dan dibaca nashob
Contoh : : لا صا حب علم ممقوت
3.      Syibh mudhof
Jika isimnya لا berupa syibh mudhof, maka hukumnya nashob
Contoh:
لا طا لعا جبلا حا ضرا

J.      Munada
Munada
Mufrod ‘alam
Nama tunggal
I’rob rofa’ dan tidak bertanwin
يا زيدُ
Nakiroh maqsudah
Dipanggil dengan isim nakirah dengan tujuan
I’rob rofa’ dan tidak bertanwin
يا رجلُ
Nakiroh ghoiru maqsudah
Dipanggil dengan nakirah tanpa tujuan
I’rob nashob dan bertanwin
يا رَجلاً خُذ بيِدى
Mudhaf
Panggilan dengan mudhaf
I’rob nashob dan tidak bertanwin
يا عَبْدَ اللهِ
Syibhul mudhaf
Menyerupai mudhaf
I’rob nashob dan bertanwin
يا طالعِاً جَبَلاً


ISIM – ISIM YANG DIBACA JER
·         Jika ada isim didahului oleh salah satu huruf jar.  Huruf-huruf jarr antara lain: مِنْ, إِلى, عَنْ, عَلى, فى, بـِ , كـَـ , لِــ
Contoh : عَنِ الإِسلاَمِ , بِمَاءٍ
·         Idhafah, yaitu susunan dua kata atau lebih yang membentuk satu gabungan makna yang tidak terpisahkan.
Contoh: مَاءُ البِئْرِ
Isim yang berstatus sebagai mudhaf kedudukan i’rabnya tergantung statusnya di dalam kalimat, sedangkan isim yang berstatus sebagai mudhaf ilaih selalu dibaca jarr. 
Catatan: Kata yang berstatus sebagai mudhaf tidak ada tanwinnya dan tidak ada kata sandang ال
·         Ada susunan idhafah yang hampir serupa dengan susunan jar + majrur, yaitu zharaf. Zharaf ada dua, yaitu zharaf zaman (keterangan waktu) dan zharaf makan (keterangan tempat). Ketika zharaf yang terdiri dari susunan idhafah itu berstatus sebagai khabar, maka zharaf tidak dibaca rafa’, akan tetapi selalu difathah. Tidak seperti yang terjadi pada susunan idhafah selain zharaf.  Contoh: النَوْمُ بعدَ العِشَاءِ
JAMA’ TAKTSIR
Jama’ taktsir adalah jama’ yang berubah dari bentuk mufrodnya. Perubahan tersebut  adakalanya :
-          penambahan, contoh : صِنْوٌ   menjadi صِنْوَانٌ
-          pengurangan, contoh : تُخْمَةٌ   menjadi تُخَمٌ
-          perubahan bunyi,  contoh : أَسَدٌ   menjadi  أُسُدٌ 
-          penambahan dan perubahan bunyi,  contoh :رَجُلٌ   menjadi رِجَالٌ 
-          pengurangan dan perubahan bunyi,  contoh :   رَسُوْلٌmenjadi رُسُلٌ
-          pengurangan, penambahan, dan perubahan bunyi, contoh : غُلاَمٌ menjadi غِلْمَانٌ
Makna jama’ taktsir :
-          qalil (sedikit) yaitu dari tiga sampai sepuluh,  ada empat bentuk, yaitu :
 







-          katsrah (banyak), yaitu dari tiga sampai tak terhingga, ada enam belas bentuk, yaitu :















-          makna katsrah dalam bentuk shighat muntahal jumu’, yaitu setiap jamak taksir yang sesudah alif jamak taksir terdapat dua huruf, atau tiga huruf yang di tengahnya ada huruf mati. Jamak model ini ada sembilan belas bentuk, yaitu :







[1] Isim mufrod : isim yang menunjukkan makna satu /tunggal. Seperti كِتابٌ  ( satu kitab)
[2] Jama’ taksir : isim yang berarti banyak dan berubah dari I’robnya. Seperti رَجُلٌ jamaknya adalah  رِجَالٌ .
[3] Jama’ muannas salim : isim yang menunjukkan makna perempuan banyak, diakhiri dengan huruf ات .  untuk membuat jama’ muannas salim yaitu dengan membuang huruf ta’ marbuthoh ( ة ) dan menambahkan alif ( ا ) dan ta’ majrurah ( ت ) di akhir kata.
[4] Isim tatsniyah : isim yang menunjukkan makna dua, seperti مُدَرِّسَانِ. Untuk membuat isim mutsanna adalah dengan menambahkan alif dan nun  ( ا ن  ) di akhir kata, baik mudzakkar maupun muannas.
[5] Isim jama’ mudzakkar salim : isim yang menunjukkan makna banyak untuk laki – laki, di akhiri wawu nun atau ya’ nun.
[6] Asmaul khomsah :    اب, اخ, حم, فو, ذو     , syaratnya dimudhofkan kepada selain ya’ mutakallim ( bermakna saya)
[7] Af’alul khomsah : setiap fi’il mudhori’ yang mengikuti wazan يفعلان, تفعلان , يفعلون, تفعلون, تفعلين
[8] Yaitu fi’il mudhori’ yang huruf terakhirnya bukan huruf ‘illat (alif, wawu dan ya’). Contoh يذْهَبُ
[9] Yaitu fi’il mudhori’ yang huruf terakhirnya berupa huruf ‘illat ( alif , wawu dan ya’). Contoh : يَرْمِي
[10] Dlomir muttasil : isim dlomir yang tidak bisa jatuh pada permulaan kalam, dan juga tidak bisa jatuh setelah (إلا) dalam tingkah ikhtiyar.
[11] Isim dlomir yang bisa jatuh pada permulaan kalam, dan bisa jatuh setelah (إلا) dalam tingkah ikhtiyar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kaidah ghoiru asasiyah

AKHLAK TERHADAP TEMAN SEBAYA