ringkasan Nahwu
PEMBAGIAN KATA DAN KALIMAT
Kata ( كلمة)
|
||
Isim ( kata
benda)
|
Fi’il ( kerja
)
|
Huruf ( kata
sambung )
|
أَحْمَدُ
, ٌقَلَمٌ
|
فَتَحَ
, يَفْتَحُ , إِفْتَحْ
|
وَ,
فِى , عَلى
|
Tanda – tanda isim :
Bisa dimasuki حرف قسم (واو
, باء
, تاء )
|
Bisa dimasuki حرف جر
|
Bisa dimasuki اَلْ
|
Bisa dimasuki تنوين
|
وَاللهِ
, بِاللهِ
, تَاللهِ
|
المَدْرَسَةُ
قَرِيْبٌ مِنَ البَيْتِ
|
Macam – macam huruf jer antara lain :
®
مِنْ : dari
®
اِلَى : ke
®
عَنْ : dari
®
عَلَى : di atas
®
فِيْ : di
dalam
®
رُبَّ : banyak
sekali
®
بَاءْ : dengan
®
كَافْ : seperti
®
لاَمْ : milik
/ karena
Tanda – tanda fi’il
·
Qod (terletak setelah qod قد )
Misal : قَدْ سَمِعَ
اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا
·
Sin (diawali huruf sin)
Misal: وَالَّذِينَ
آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَنُدْخِلُهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي
مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَارُ ...
·
Saufa (terletak setelah kata saufa سَوْفَ)
Misalnya : إِنَّ الَّذِينَ
كَفَرُواْ بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ
نَاراً
·
Ta’ ta’niits sakiinah (ta’ yang
menunjukkan bahwa pelakunya adalah muannats)
Misalnya: ولَقَدْ هَمَّتْ بِهِ وَهَمَّ بِهَا
Misalnya: ولَقَدْ هَمَّتْ بِهِ وَهَمَّ بِهَا
·
Bersambung dengan ta’ fail.
Misalnya: هَلْ كَتَبْتَ الدَرْسَ؟
·
Diawali huruf Mudhoro’ah. ( huruf yang
mengawali fiil mudhori.yaitu أ , ي , ن , ت )
Misalnya: أَذْهَبُ إلَى المَعْهَد
·
Bersambung dengan Nun Taukid yaitu nun
yang menunjukkan penekanan (taukid).
Misalnya: ولاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
Misalnya: ولاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
·
diawali “إذْ”.
Yaitu huruf yang biasanya masuk pada fiil madhi.
Misalnya: إِذْ رَأَى نَاراً
Misalnya: إِذْ رَأَى نَاراً
Tanda- tanda
huruf
Huruf, tidak
memiliki tanda tanda khusus..
KALIMAT
( جملة )
|
|
جملة إسمية
|
جملة فعلية
|
مبتداء + خبر
|
فعل + فاعل
|
الحمدُ + للهِ
|
يقرأُ + أحمدُ + القرأنَ
|
Untuk mengetahui apakah jumlah itu jumlah ismiyyah
atau jumlah fi’liyyah antara lain dengan melihat kata yang pertama pada
kalimat itu. Jika kata pertama pada kalimat itu berupa isim maka kalimat itu
disebut jumlah ismiyyah, dan jika kata pertama dalam kalimat itu berupa fi’il
maka kalimat itu disebut jumlah fi’liyyah.
PEMBAGIAN ISIM
ISIM MABNI dan MU’ROB
اسم مبني adalah kata yang akhirnya tidak berubah-ubah (tetap).
1. ISIM DLOMIR
|
3. ISIM MAUSUL (kata sambung)
Ada 3
3+ 2 1 3+ 2 1
(اللَّاتِيْ) (اللَّتَانِ) (الَّتِيْ) (الَّذِيْنَ) (اللَّذَانِ) (الَّذِيْ)
4. ISIM ISTIFHAM (kata pertanyaan)
Ada 10:
·
مَنْ
·
مُنْذُ
·
مَاذَا
·
مَتَى
·
اَيَّانَ
·
اَيْنَ
·
كَيْفَ
·
أّنَّى
·
كَمْ
·
أيُّ
5. ISIM SYARAT
Ada 9:
·
مَنْ
·
مَا
·
مَهْمَا
·
مَتَى
·
اَيَّانَ
·
اَيْنَ
·
اَنَّى
·
حَيْثُمَا
·
كَيْفَمَا
6. ISIM FI’IL
اسم فعل مضارع اسم فعل ماضى اسم فعل أمر
Diamlah
|
اُسْكُتْ
|
بِمَعْنَى
|
صَهْ
|
اسم فعل أمر
|
Berhentilah
|
اِنْكَفِفْ
|
بِمَعْنَى
|
مَهْ
|
|
Kabulkanlah
|
اِسْتَجِبْ
|
بِمَعْنَى
|
آمِيْنَ
|
|
Pegang teguhlah
|
اِلْزَمْ
|
بِمَعْنَى
|
عَلَيْكَ
|
|
Ambillah
|
خُذْ
|
بِمَعْنَى
|
دُوْنَكَ
|
|
Jauh sekali
|
بَعُدَ
|
بِمَعْنَى
|
هَيْهَاتَ
|
اسم فعل ماضى
|
Jauh berbeda
|
اِفْتَرَقَ
|
بِمَعْنَى
|
شَتَّانَ
|
|
Mengaduh, kesakitan
|
اَتَوَجَّعُ
|
بِمَعْنَى
|
اَوَّهْ
|
اسم فعل مضارع
|
Jemu, bosan
|
اَتَضَجَّرُ
|
بِمَعْنَى
|
اُفٍّ
|
ISIM MU’ROB
اسم معرب adalah kata yang akhirnya
berubah-ubah.
·
اِسْمُ مُفْرَدْ (1) Lk/Pr :
kata yang tidak ada tanda-tanda تَثْنِيَةْ
, جَمْعُ مُذَكَّر, dan جَمْعُ
مُئَنّث
·
اِسْمُ تَثْنِيَةْ (2) Lk/Pr :
اِسْمُ مُفْرَدْ yang akhirnya
ditambahi يْنِ...../
انِ........
·
جَمْعُ مُذَكَّر سَالِمْ (3+) Lk/Pr :
اِسْمُ مُفْرَدْ yang akhirnya
ditambahi يْنَ...../ وْنَ.......
·
جَمْعُ مُئَنّث سَالِمْ (3+) Lk/Pr :
اِسْمُ مُفْرَدْ yang akhirnya
ditambahi اتٌ.......
ISIM MAQSUR dan MANQUS
اِسْمُ مَقْصُوْر : kalimat yang huruf akhirnya berupa اَلِفْ لَازِمَة
Contoh : مُصْطَفَى
اِسْمُ مَنْقُوْص : kalimat yang huruf akhirnya berupa يَاء لَازِمَة
huruf sebelumnya dibaca kasroh. Contoh : الْقَاضِيْ
ISIM NAKIROH dan MA’RIFAT
اِسْمُ نَكِرَة :
adalah isim yang menunjukkan arti umum (tidak jelas).
اِسْمُ مَعْرِفَة : adalah isim yang menunjukkan arti khusus
(jelas).
اِسْمُ مَعْرِفَة antara lain adalah :
1. اِسْمُ ضَمِيْر : keterangan di atas
2. اِسْمُ عَلَم : nama orang/ nama kota (احمد, بكر )
3. اِسْمُ اِشَارَة : kata petunjuk ( هذا , تلك )
4. اِسْمُ مَوْصُوْل : kata sambung ( الذي , التي )
5. الْمُحَلِّى بِالْ : isim yang dimasuki ال
( المدرسة )
6. الْمُضَافُ اِلَى اِحْدَاهَا : isim yang disambung dengan salah satu
kalimat diatas ( عبد الله )
7. الْمُنَادَى المَقْصُوْدُ بِالنِّدَاءِ : memanggil orang yang dikehendaki ( يا زيد )
PEMBAGIAN FI’IL
فعل
|
||
أمر
|
مضارع
|
ماضى
|
kata kerja bentuk perintah
|
kata kerja bentuk sedang atau akan datang
|
kata kerja bentuk lampau
|
bacalah( إِقْرَأْ )
|
Sedang menulis
( يَكْتُبُ)
|
Telah makan (أَكَلَ)
|
I’ROB
I’ROB
|
TANDA
|
KALIMAT
|
CONTOH
|
MASUK
PADA
|
Rofa’
|
Dhommah ( ــُ )
|
Isim Mufrod[1]
|
الطَالِبُ مَاهِرٌ
|
Isim :
·
Mubtada’
·
Khobar
·
Fa’il
·
Naibul
fa’il
·
Isim
kana
·
Khobar
inna
·
Tawabi’
Fi’il :
·
Fi’il
mudhori’ yang tidak bertemu dengan amil nashob dan jazm
|
Jama’ taktsir[2]
|
الطُّلَابُ فِي الفَصْلِ
|
|||
Jama’
muannats salim[3]
|
الطَالِباتُ مَاهراَتٌ
|
|||
Fi’il
mudhori’
|
أَسْتَمِعُ القُرْآنَ
|
|||
Alif ( ا )
|
Isim
tatsniyah[4]
|
الطَالبانِ فِي المَيْدَانِ
|
||
Wawu + nun ( ون )
|
Isim jama’
mudzakkar salim[5]
|
الطالبُوْنَ فِي المَكْتَبَةِ
|
||
Asmaul
khomsah[6]
|
أَبُو هُرَيْرَةَ ذُوْ عِلْمٍ كَثِيْرٍ
|
|||
Nun ( ن )
|
Af’alul
khomsah[7]
|
الطُلَّابُ يَنْعَسُونَ فِي الفَصْل
|
||
Nashob
|
Fathah
|
Isim Mufrod
|
إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ
|
Isim :
·
Maf’ul
bih
·
Maf’ul
muthlaq
·
Maf’ul
ma’ah
·
Maf’ul
fih
·
Maf’ul
li ajlih
·
Hal
·
Tamyiz
·
Khobar
kana
·
Isim
inna
·
Maf’ul
1 dan 2 dhonna
·
Mustasna
·
Munada
·
Isim
la
·
Tawabi’
Fi’il :
·
Fi’il
mudhori’ yang bertemu ‘amil nashob
|
Jama’ taktsir
|
إِنَّ العُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ
|
|||
Fi’il
mudhori’
|
لَنْ اَقْتُلَ المُسْلِمَ
|
|||
Alif
|
Asmaul
khomsah
|
اِنَّ اَبَاكَ عَلِيْمٌ
|
||
Kasroh
|
Jama’ muannas
salim
|
اِنَّ المُسْلِمَاتِ يَقْرَأْنَ القُرْآنَ
|
||
Ya
|
Jamak
mudzakar salim
|
اِنَّ المُنافِقِيْنَ في النارِ
|
||
Isim tasniyah
|
رَأَيْتُ الطالبَيْنِ في الفَصْلِ
|
|||
Membuang nun
|
Af’alul
khomsah
|
لنْ تَنَالُوا العِزَّةَ
|
||
Jar
|
Kasroh
|
Isim Mufrod
|
قَلَمِي على المَكْتبِ
|
Isim :
·
Dijarkan
dengan huruf
·
Idhofah
(menjadi mudhof ilaih)
·
Tawabi’
|
Jama’ taksir
|
نظَرْتُ الى النُجُومِ
|
|||
Jama’ muannas
salim
|
سلَّمْتُ على الطالبَاتِ
|
|||
Ya’
|
Asmaul
khomsah
|
تذهَبُ الى اخِيْك
|
||
Isim tasniyah
|
سلَّمْتُ على الطالِبَيْنِ
|
|||
Jama’
mudzakar salim
|
اللهم اجْعَلْنا مِنَ الفائِزِيْنَ
|
|||
Fathah
|
Isim ghoiru
munshorif
|
هذه السَيّارَةُ لعائشَةَ
|
||
Jazm
|
Sukun
|
Fi’il
mudhori’ shohih akhir [8]
|
لماذا لَمْ تجْتَهِدْ
|
Fi’il
mudhori’ yang bertemu dengan ‘amil jazm
|
Membuang nun
|
Af’alul
khomsah
|
تَغْتَسِلُونَ--> لَمْ تَغْتَسِلُوا
|
||
Membuang
huruf ‘illat
|
Fi’il mudari’
mu’tal akhir[9]
|
يَدْعُوْ -- > لَمْ يَدْعُ
|
AMIL NASHOB
Amil nashob ada 10, yaitu :
اَنْ
|
اُرِيْدُ
اَنْ اَحْفَظَ القُرْآنَ
|
Biasanya
tidak diartikan
|
لَنْ
|
لَنْ
يُفْلِحَ الكافِرُ
|
Tidak akan
|
إِذَنْ
|
إِذَنْ
اسْتَمِعَه
|
Kalau begitu
|
كَيْ
|
إتَّقِ
اللهَ كَيْ تَسْعَدَ
|
Supaya
|
لام
كَي
|
اذْهبُ
الى المكتبةِ لأَقْرَأَ الكُتُبَ
|
Untuk / agar
|
لام
الجحود
|
ما
كان اللهُ لِيُعَذَّبَهمْ
|
Jatuh setelah
kana yang dinafikan
|
حتَّى
|
لنْ
تنجُوَ حتى تُؤْمنَ بِاللهِ
|
Sehingga
|
فاء
الجواب
|
إجْتَهِدْ
فى التعلمِ فَيَفْرَحَ ابوْكَ
|
Maka ( jatuh
setelah fi’il amr atau nahi)
|
واو
معية
|
لا
تكسلْ و تَجْهَلَ
|
Padahal /
sedangkan
|
اَوْ
|
اُنْصُرْ
اخاك او يَخُونَكَ
|
Sehingga /
kecuali
|
AMIL JAZM
عوامل
الجزم
|
||
فعلا
واحدا (menjazmkan satu fi’il)
|
||
لَمْ
|
لَمْ
يَلِدْ و لمْ يُولدْ
|
Tidak
|
لَمَّا
|
لَمَّا
اغْتَسِلْ
|
Belum
|
لام
الأمر
|
لِيُكْرِمْ
الطالبُ أُسْتاذَه
|
Hendaklah
|
لا
ناهية / دعاء
|
لا
تُهْمِلْ خَيْرا , ربنا لا تُؤَاخِذْنا
|
Janganlah
|
فعلين ( menjazmkan dua fi’il)
|
||
اِنْ
|
اِنْ
تَظْلُم تَنْدُمْ
|
Jika
|
ما
|
ما
تتصدقْ يضاعفْه اللهُ
|
Apa saja
|
مَنْ
|
منْ
يكسلْ يَجهلْ
|
Siapa saja/
barang siapa
|
مهما
|
مهما
تُعطِنا نشْكُرْك
|
Apa saja
|
اِذْما
|
اذما
تُحْسِنْ الى غيرك يُثْبِك الله
|
Jika
|
ايَّ
|
ايَّ
خيرٍ تعملْ يُجْزَ
|
Apa / apa
saja
|
متى
|
متى
تُفارقْنى افرحْ
|
Kapanpun
|
ايَّانَ
|
ايان
تعصِ الله يُهِنْك
|
Kapanpun
|
اين
|
اينما
تكونوا يُدْركْكم الموتُ
|
Dimanapun
|
انَّى
|
انى
تتقِ اللهَ تفُزْ
|
Dimanapun
|
حيثما
|
حيثما
تطيعوا الله تفلحوا
|
Dimanapun
|
كيفما
|
كيفما
تأكلْ آكلْ
|
Bagaimana
saja
|
ISIM GHOIRU MUNSHORIF
Isim ghairu munsharif adalah isim yang, walaupun tidak ada kata
sandang alif dan lam (ال ) tidak ditanwin. Ada
beberapa isim ghairu munsharif, antara lain:
a.
Nama
(orang/kota dll) perempuan yang hurufnya lebih dari tiga.
Contoh: فاطِمَةُ ,
عَرفَةُ ) Fatimah,
Padang Arafah)
b.
Nama
orang laki-laki tetapi diakhiri dengan ta’ marbuthah.
Contoh: حَمْزَةُ ) Hamzah)
c.
Nama
(orang/kota dll) yang aslinya bukan nama Arab.
Contoh: إِبْرَاهِيْمُ , دِمَشْقُ )Ibrahim,
Damaskus)
d.
Nama
yang menyerupai fi’il.
Contoh: أَحْمَدُ, يَزِيْدُ ) Ahmad,
Yazid)
e.
Nama
yang diakhiri dengan ا + ن
Contoh: عُثْمَانُ (Usman)
f.
Bentuk
jama’ taksir yang huruf ketiganya alif sementara harakat dua huruf sebelumnya
fathah semua, dan huruf sesudah alif dikasrah. Jama’ taksir yang ini biasa
disebut dengan muntahal jumu’.
Contoh: )
مَسَاجِدُmasjid-masjid)
g.
Bentuk
jama’ taksir yang hurufnya lebih dari empat dan diakhiri oleh alif dan
hamzah Contoh: ) عُلَمَاءُUlama`)
h.
Kata
sifat untuk perempuan yang diakhiri dengan alif dan hamzah.
Contoh: ) حَمْرَاءُ merah)
i.
Kata
sifat yang diakhiri dengan alif dan nun.
Contoh: ) سكرَانُ yang mabuk)
j.
Kata
sifat yang menyerupai fi’il.
Contoh: ) أَحْمَرُmerah), أَبْيَضُ (putih), أَصْفَرُ (kuning), أَفْضَلُ (lebih utama).
Catatan: Isim ghairu munsharif kalau sudah diberi kata sandang alif
dan lam ( ال ) atau menjadi mudhaf, maka menjadi isim
munsharif, sehingga jika dibaca jarr dikasrah.
ISIM – ISIM YANG DIBACA ROFA’
FAIL
فاعل : isim yang dibaca rafa’ yang jatuh setelah
fi’il mabni ma’lum. (subyek/ pelaku pekerjaan). Fa’il harus sama dengan
fi’ilnya dalam mudzakkar muannasnya.
Contoh : يجلسُ
الطالبون , تذهب طبيبة
فاعل
|
|
اسم
ظاهر
|
اسم
ضمير
|
يبكي
خالدٌ
|
قرأتُ القرآنَ
|
NAIBUL FA’IL
نائب الفاعل : isim yang dibaca rafa’ yang jatuh
setelah fi’il mabni majhul/pasif. (tidak menyebut fa’ilnya).
Contoh : فُتِحَ
البابُ , قظفتْ الزهرةُ
Cara membuat fi’il mabni majhul:
-
Madly
: di dhommah huruf awalnya, dikasroh huruf sebelum akhirnya
Contoh : نَصَرَ à نُصِرَ
-
Mudhori’
: didhommah huruf awalnya, difathah huruf sebelum akhirnya
Contoh : يَتَعَلَّمُ
à يُتَعَلَّمُ
فاعل نائب
|
|
اسم
ظاهر
|
اسم
ضمير
|
عُذِّبَ
المنافِقُ
|
نُصِرْنا
فى الجهاد
|
MUBTADA‘ DAN KHOBAR
مبتدأ : isim yang dibaca rafa’ yang bertempat
pada permulaan kata
خبر : isim yang dibaca rafa’ yang jatuh
setelah مبتدأ
CONTOH :
خبر
|
مبتدأ
|
نورٌ
|
العلمُ
|
كبيرةٌ
|
المدرسةُ
|
قَائِمٌ
|
أنَا
|
·
Khobar dibagi menjadi dua,yaitu :
1. Khobar mufrod, seperti : زَيْدٌ قَائِمٌ
o Khobar mufrod terdiri dari 3, yaitu :
1. Isim mufrod, seperti : زَيْدٌ قَائِمٌ
2. Isim tasniyah, seperti : الزَّيْدَانِ قَائِمَانِ
3. Jama’, seperti : الزَّيْدُونَ قَائِمُونَ
2. Khobar ghoiru mufrod, seperti : زَيْدٌ قَامَ أَبُوْهُ
o Khobar ghoiru mufrod terdiri dari :
1. Khobar berupa jar majrur, seperti : زَيْدٌ في المَسْجِدِ
2. Khobar berupa dhorof, seperti : المَسْجِدُ جَانِبَ المَدْرَسَةِ
Keduanya
disebut sibhul jumlah
3.
Khobar yang berupa jumlah, seperti :
Ismiyah : زَيْدٌ كِتَابُهُ جَدِيدٌ
Fi’liyah : زَيْدٌ قَامَ أَبُوْهُ
Antara mubtada` dan khabar harus ada kesesuaian dalam jenis (mudzakkar
atau mu’annatsnya) dan jumlah/adad (mufrad, mu`tsanna atau jama’nya).
Apabila dibuat dalam tabel contoh maka menjadi sebagai berikut:
|
MUFROD
|
MUTSANNA
|
JAMA’
|
MUDZAKKAR
|
المدرس مجتهد
|
المدرسانِ مجتهدانِ
|
المدرسون مجتهدون
|
MUANNATS
|
المدرسة مجتهدة
|
المدرستان مجتهدتان
|
المدرسات مجتهدات
|
Susunan mubtada’ dan khobar bisa dibentuk dengan mendahulukan
khobar daripada mubrada’nya ( khobar muqaddam). Biasanya berupa jer
majrur atau dzorof, dengan ciri, setelah susunan jer majrur atau dzorof berupa
kalimat isim.
Contoh : على
المكتبِ قلمٌ , عندَ بَكْرٍ ضَيْفٌ , هناك طالبةٌ
KANA DAN SAUDARANYA
Pengamalan : merofakkan isim menashobkan khobar ( ترفع الإسم و تنصب الخبر )
Contoh : احمدُ
تاجرٌ à كانَ
احمدُ تاجراً
Kana dan saudaranya beserta tasrifannya juga beramal sebagaimana
kana.
صَارَ
|
بَاتَ
|
ظَلَّ
|
اَضْحَى
|
اَصْبَحَ
|
اَمْسَى
|
كانَ
|
Menjadi
|
Pada waktu
malam
|
Pada waktu
siang, menjadi
|
Pada waktu
dhuha, menjadi
|
Pada waktu
pagi, menjadi
|
Pada waktu
sore, menjadi
|
Adalah,
menjadi
|
|
ما
دام
|
ما
بَرِحَ
|
ما
فَتِئَ
|
ما
انْفَكَ
|
ما
زَالَ
|
لَيْسَ
|
|
Sepanjang,
selama
|
Senantiasa,
terus – menerus
|
Senantiasa, selalu, tak henti - hentinya
|
Terus –
menerus, tidak henti - hentinya
|
Senantiasa,
terus – menerus, masih
|
Tidak, tidak
ada, bukan
|
INNA DAN SAUDARANYA
Pengamalan : menashobkan isim , merofa’kan khobar (تنصب الإسم و ترفع الخبر )
Contoh : اللهُ
قديرٌ à إِنَّ
اللهَ قديرٌ
Contoh
|
Arti
|
|
إن
اللهَ سميعٌ عليمٌ
|
Sesungguhnya
|
إِنَّ
|
أشهد
أنَّ محمدًا رسولُ اللهِ
|
Bahwasanya
|
أَنَّ
|
طلحةُ
غَنِيٌ لكن إبنَهُ فقيْرٌ
|
Tetapi
|
لَكِنَّ
|
كأن
الكتابَ أُستاذٌ
|
Seolah – olah
|
كَأَنَّ
|
ليت
السعادةَ فى الدنيا باقيةٌ
|
Seandainya
|
لَيْتَ
|
لعل
المطرَ نازِلٌ
|
Semoga
|
لَعَلَّ
|
NA’AT
نعت/ صفة : isim yang dibaca rafa’, nashab,
serta jar, untuk mensifati lafadz yang diikutinya (موصوف)
Contoh : نجحَ
طالبٌ مجتهدٌ , احترمتُ الأثستاذة َ العالمةَ , هذا الكتابُ للرجلِ النشيْطِ
Na’at dan man’ut harus sesuai dalam hal :
-
Mufrod,
mutsanna, jama’
-
Ma’rifat,
nakiroh
-
Mudzakkar,
muannats
-
I’rob
ATHOF
عطف : isim yang dibaca rafa’, nashab, serta jar
mengikuti ma’thufnya dengan menggunakan huruf athaf (حروف
عطف). Disebut juga عطف نسق
Contoh : لعبَ
فريدٌ و خالدٌ , تزوَّجْ
بريرةَ او اختَها , لمْ يدخِّنْ محمدٌ لكن فريدٌ
Huruf athof
|
||||
اَمْ
|
اَوْ
|
ثُمَّ
|
فَــ
|
وَ
|
Atau
|
Atau
|
Kemudian
|
Lalu
|
Dan
|
|
حتَّى
|
بَلْ
|
لَكِنْ
|
لاَ
|
|
Hingga
|
Tetapi/bahkan
|
Tetapi
|
Bukan
|
TAUKID
توكيد : isim yang dibaca rafa’, nashab, serta jar
untuk menguatkan lafadz di depannya (مؤكد)
Contoh : سافرَ
الأُستاذُ نفسُهُ ( ustadz benar – benar telah pergi). Lafadz nafsuhu
menjelaskan bahwa yang pergi adalah benar – benar ustadz, bukan yang
lain.
Taukid ada dua :
-
Lafdzi
: penguatan dengan lafadz yang sama atau semakna
Contoh : جلس حارثٌ
حارثٌ , جلس قعدَ بكرٌ
-
Ma’nawi
: penguatan dengan lafadz – lafadz tertentu, yaitu نَفْس
, عَيْن , كِلا , كِلَيْ , كِلتا ,
كِلتَيْ , كُلُّ , جميع , أَجْمَعَ dan
lafadz yang mengikuti أجمع
( أكتع , ابتع , أبصع )
BADAL
بدل : isim yang dibaca rafa’, nashab, serta
jar untuk menjelaskan lafadz di depannya (مبدل منه)
tanpa memakai huruf perantara (langsung)
Contoh : , قرأ
محمدٌ الكتابَ ثُلُثَهُ جاءت أمُّكَ هندٌ
ISIM – ISIM YANG DIBACA NASHOB
A.
Maf’ul bih
Maf’ul bih adalah isim yang dibaca nashab yang menjadi akibat dari
pekerjaan fa’il ( objek dari suatu pekerjaan )
B.
Maf’ul muthlaq
Maf’ul mutlaq adalah isim yang dibaca nasob yang menguatkan fi’il,
menjelaskan cara atau bilangan. Maf’ul muthlaq dapat berupa mashdar yang
dinashobkan oleh fi’il baik lafdzon wa ma’nan atau lafdzon saja.
Contoh :
menguatkan fi’ilnya :
, أكلتُ التفاحَ أكلاً نصرت بكرا نصرا
Menjelaskan cara :
جلسَ
فريدٌ جلوسَ الشيخِ
Menjelaskan bilangan : ضربَتْ
خَدِيْجَةُ السارقَ ضرْبةً
Maf’ul
Muthlaq
|
|
Lafdzi
(lafadznya cocok dengan lafadnya fi’il)
|
Ma’nawi
(cocok ma’nanya bukan lafadznya)
|
ضرب
زيد عمرا ضربا
|
جلست قعودا
|
C.
Maf’ul ma’ah
Maf’ul ma’ah adalah isim manshub (isim yang dinashab) yang
disebutkan setelah huruf “و” (yang bermakna “مع (bersama)” ) untuk menunjukkan suatu
kebersamaan.
Contoh : سافرَ خليلٌ والليلَ
D.
Maf’ul fih / Dzorof
Maf’ul fih ( dhorof )
|
|
1.
Zaman (kalimat isim
yang yang dibaca nashab yang menunjukan arti waktu dengan menyimpan makna في)
|
|
اليوم
|
mulai
terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari (siang hari)
|
اليلة
|
mulai
terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar shodiq (malam hari)
|
غدوة
|
waktu
mulai sholat subuh sampai terbitnya matahari (pagi hari)
|
سحرا
|
akhirnya
malam sebelum mendekati fajar
|
غدا
|
nama
hari setelah hari yang kita masuki (besok)
|
عتمة
|
nama
dari 1/3 malam yang awal (dini hari)
|
صباح
|
permulaaan
hari setelah terbitnya fajar sampai zawal (pagi-siang)
|
مساء
|
mulai
dhuhur sampai akhir sore (sore)
|
ابدا
|
waktu
yang tidak ada batasnya (selamanya)
|
2.
Makan (kalimat
isim yang dibaca nashab yang menunjukan arti tempat dengan menyimpan makna في)
|
|
أَمَامَ
|
Di
depan
|
خلفَ
|
Di belakang
|
فوق
|
Di atas
|
تحت
|
Di bawah
|
عند
|
Pada, di ( di dekat, di hadapan), pada waktu, ketika, tatkala
|
مع
|
Bersama
|
ازاء
|
Di muka, di hadapan
|
حذاء
|
Di hadapan
|
تلقاء
|
Di hadapan
|
هنا
|
Isim isyaroh yang bermakna tempat yang dekat (di sini)
|
ثم
|
Isim isyaroh yang bermakna tempat yang jauh (di sana)
|
Contoh : سافرتُ
اليومَ
E.
Maf’ul li ajlih
Maf’ul li ajlih adalah isim
manshub yang disebutkan setelah adanya pekerjaan, sebagai alasan kenapa
pekerjaan itu ada. Contoh : قامَ التلامِيْدُ إِحْتِرأمًا
لأُسْتاذِهِمْ
- Maf’ul li ajlih harus berupa masdar
- Maf’ul li ajlih harus merupakan perbuatan-perbuatan yang
berhubungan dengan hati, semisal, takut, benci, cinta.
- Maf’ul li ajlih digunakan sebagai sebab terjadinya
perbuatan.
- Maf’ul li ajlih dapat dicari dengan menggunakan kata tanya “mengapa?”.
F.
Hal
Hal adalah isim yang dibaca nashab yang menerangkan keadaan shohibul
hal yang belum jelas. Contoh:
راكِبًا
|
زيدٌ
|
جاء
|
حال
|
صاحب الحال
|
عامل
|
Lafadh (راكبا) dibaca nashab sebab
menjadi Hal yang untuk menjelaskan keadaan Zaid.
Pada dasarnya yang bisa menjadi hal adalah isim sifat. Namun ada
juga hal yang berupa isim masdar. Contoh : أشهد أن لا إله إلا الله وحدَه لا شريك له
G.
Tamyiz
Tamyiz adalah isim
yang dibaca nashob yang menjelaskan Dzat atau Nisbat yang masih samar.
Tamyiz itu dibagi menjadi 2, yaitu;
1.
Tamyiz
Dzat (mufrod), yaitu tamyiz yang menerangkan samarnya Dzat. Tamyiz Dzat dibagi
menjadi 4, yaitu;
a.
Adad
(bilangan). Contoh:اشتريت
عشرينَ غلامًا
b.
Miqdar
(kira-kira)
Adakalanya:
·
Berupa
takaran. Contohnya: اشتريت قفييزًا برًا
·
Berupa
timbangan. Contohnya: اشتريت
مَنًا سَمْنًا
·
Berupa
ukuran. Contohnya: اشتريت
شِبرًا ارضًا
c.
Syibh
Miqdar contohnya: مثقال
ذرَّةٍ خيرًا
d.
Cabang
dari tamyiz. Contoh: هذا
خاتمُ حديدٍ
Adapun
yang menashobkan Tamyiz Dzat yang samar, yakni berupa adad, maqadir, dan
lain-lain.
2.
Tamyiz
Nisbat (tamyiz jumlah). Yaitu tamyiz yang menjelaskan samarnya nisbat.
Tamyiz Nisbat dibagi menjadi 2, yaitu;
a.
Tamyiz
Muhawwal. Yaitu tamyiz yang asalnya perpindahan dari perkara lain. Dibagi
mejadi 3, yaitu;
·
Muhawwal
Anil Fa’il (perpindahan dari fa’il). Contoh:
طاب نفسُ محمدٍ à طاب محمدٌ نفسًا
تصببَ عرقُ زيدٍ à تصببَ
زيدٌ عرقا
·
Muhawwal
Anil maf’ul bih (perpindahan dari maf’ul bih). Contoh:
وفجرنا عيون الارضِ à وفجرنا الارضَ عيونًا
·
Muhawwal
Anil Mubtada’ (perpindahan dari mubtada’). Contoh:
ابو زيدٍ اكرم منك à زيدٌ
اكرمٌ منك ابًا
b.
Tamyiz
bukan Muhawwal. Yaitu pertama kali sudah menjadi Tamyiz, bukan pindahan dari
yang lain. Contoh:
امتلأ الخوضُ ماءً
Adapun
yang menashobkan Tamyiz Nisbat adalah Fi’il atau Syibih Fi’il.
Hukum-hukum
Tamyiz:
·
Dibaca
nashob
·
Berupa
isim Nakiroh
·
Jatuh
setelah sempurnanya kalam
H.
Istitsna’
Istisna adalah lafazh yang dikecualikan dengan memakai
“illaa” (اِلاَّ)
maupun adat istisna’ yang lain. Macam – macam adat istisna’ yaitu إلاَّ , غَيْرُ
, سِوًى , سُوًى , سَوَاءٌ , خلا , عدا , حاشا
إعراب مستثنى بـ ...
|
||||
قام القومُ إلا خالداً
|
نصب
|
متصل
|
كلام تام موجب
|
إلا
|
قام القومُ إلا حمارا
|
نصب
|
منقطع
|
||
ما قام القومُ إلا خالدٌ
|
بدل
|
متصل
|
كلام تام منفي
|
|
ما قام القومُ إلا خالداً
|
نصب
|
|||
ما قام القومُ إلا حمارا
|
نصب
|
منقطع
|
||
ما قام إلا زيدٌ
|
رفع
|
تابع الى العامل
|
كلام ناقص
|
|
ما رأيت إلا بكرا
|
نصب
|
|||
ما مررت إلا بزيدٍ
|
جر
|
|||
جر
|
مستثنى
|
غير/سِوًى/ سُوًى/سواءٌ
|
||
قام القوم غيرَ زيدٍ
|
نصب
|
تام موجب
|
اداة الإستثناء
|
|
ما قام القوم غيرُ / غيرَ زيدٍ
|
بدل / نصب
|
تام منفى
|
||
ما رأيتُ غيرَ زيدٍ
|
تابع للعامل
|
ناقص
|
||
قام القومُ خلا زيدا
|
كالفعل
|
نصب
|
خلا / عدا / حاشا
|
|
قام القومُ خلا زيدٍ
|
كالحرف
|
جر
|
Keterangan :
Kalam tam : kalimat
yang menyebutkan mustatsna dan mustatsna minhu
Kalam naqis : kalimat yang
hanya menyebutkan mustatsna saja
Kalam mujab : kalimat yang
tidak didahului nafi dan istifham
Kalam manfi : kalimat yang didahului nafi dan istifham
Kalam muttasil : mustatsna dan mustatsna minhu sejenis
Kalam munqathi’ : mustatsna dan mustatsna minhu tidak sejenis
I.
Isim la
Isimnya la dapat beramal
seperti inna dengan syarat :
-
isim
dan khobar nakiroh
-
tidak
ada pemisah antara la dan isimnya
-
tidak
didahului huruf jer
contoh : لا
الهَ الاّ اللهُ
Isimnya لا ada 3 macam bentuk :
1.
Mufrod
Jika
isimnya لا berupa mufrod maka dimabnikan menurut tingkah
I’rob nashobnya
a.
Mabni
fathah, bila isimnya لا berupa isim mufrad
dan jamak taksir
Contoh:
لا رجلَ حا ضر (isim
mufrod)
b.
Mabni
atas Ya
Bila berupa isim tasniyah dan jamak
mudzakar salim
Contoh: لا رجلَيْنِ في
الدار (isim tasniyah)
لا قائمِيْنَ في
السوق (jama mudzakar salim)
c.
Mabni
kasroh, bila berupa jamak mantas salim
Contoh: لا مسلمات حا
ضرا ت
2.
Mudhof
Jika
isimnya لا berupa mudhof, maka hukumnya mu’rob dan dibaca
nashob
Contoh
: : لا صا حب علم ممقوت
3.
Syibh
mudhof
Jika
isimnya لا berupa syibh mudhof, maka hukumnya nashob
Contoh:
لا طا لعا جبلا حا
ضرا
J.
Munada
Munada
|
|||
Mufrod ‘alam
|
Nama tunggal
|
I’rob rofa’ dan tidak bertanwin
|
يا زيدُ
|
Nakiroh maqsudah
|
Dipanggil
dengan isim nakirah dengan tujuan
|
I’rob rofa’ dan tidak bertanwin
|
يا رجلُ
|
Nakiroh ghoiru maqsudah
|
Dipanggil
dengan nakirah tanpa tujuan
|
I’rob nashob dan bertanwin
|
يا رَجلاً خُذ
بيِدى
|
Mudhaf
|
Panggilan dengan mudhaf
|
I’rob nashob dan tidak bertanwin
|
يا عَبْدَ اللهِ
|
Syibhul mudhaf
|
Menyerupai mudhaf
|
I’rob nashob dan bertanwin
|
يا طالعِاً
جَبَلاً
|
ISIM – ISIM YANG DIBACA JER
·
Jika
ada isim didahului oleh salah satu huruf jar.
Huruf-huruf jarr antara lain: مِنْ, إِلى, عَنْ,
عَلى, فى, بـِ , كـَـ , لِــ
Contoh : عَنِ
الإِسلاَمِ , بِمَاءٍ
·
Idhafah,
yaitu susunan dua kata atau lebih yang membentuk satu gabungan makna yang tidak
terpisahkan.
Contoh: مَاءُ
البِئْرِ
Isim yang berstatus sebagai mudhaf kedudukan i’rabnya tergantung
statusnya di dalam kalimat, sedangkan isim yang berstatus sebagai mudhaf ilaih
selalu dibaca jarr.
Catatan: Kata yang berstatus sebagai mudhaf tidak ada tanwinnya dan
tidak ada kata sandang ال
·
Ada
susunan idhafah yang hampir serupa dengan susunan jar + majrur, yaitu zharaf.
Zharaf ada dua, yaitu zharaf zaman (keterangan waktu) dan zharaf makan
(keterangan tempat). Ketika zharaf yang terdiri dari susunan idhafah itu
berstatus sebagai khabar, maka zharaf tidak dibaca rafa’, akan tetapi selalu
difathah. Tidak seperti yang terjadi pada susunan idhafah selain zharaf. Contoh: النَوْمُ
بعدَ العِشَاءِ
JAMA’ TAKTSIR
Jama’ taktsir adalah jama’
yang berubah dari bentuk mufrodnya. Perubahan tersebut adakalanya :
-
penambahan,
contoh : صِنْوٌ menjadi صِنْوَانٌ
-
pengurangan, contoh : تُخْمَةٌ menjadi تُخَمٌ
-
perubahan
bunyi, contoh : أَسَدٌ menjadi أُسُدٌ
-
penambahan
dan perubahan bunyi, contoh :رَجُلٌ menjadi رِجَالٌ
-
pengurangan
dan perubahan bunyi, contoh : رَسُوْلٌmenjadi
رُسُلٌ
-
pengurangan,
penambahan, dan perubahan bunyi, contoh : غُلاَمٌ menjadi غِلْمَانٌ
Makna jama’ taktsir :
-
qalil (sedikit) yaitu dari tiga sampai sepuluh, ada empat bentuk, yaitu :
-
katsrah (banyak),
yaitu dari tiga sampai tak terhingga, ada enam belas bentuk, yaitu :
-
makna
katsrah dalam bentuk shighat muntahal jumu’, yaitu setiap jamak taksir yang
sesudah alif jamak taksir terdapat dua huruf, atau tiga huruf yang di tengahnya
ada huruf mati. Jamak model ini ada sembilan belas bentuk, yaitu :
[1] Isim mufrod : isim yang menunjukkan makna satu /tunggal.
Seperti
كِتابٌ ( satu kitab)
[2] Jama’ taksir : isim yang berarti banyak dan berubah dari
I’robnya. Seperti رَجُلٌ jamaknya adalah رِجَالٌ .
[3] Jama’ muannas salim : isim yang menunjukkan makna perempuan
banyak, diakhiri dengan huruf ات . untuk membuat jama’
muannas salim yaitu dengan membuang huruf ta’ marbuthoh ( ة ) dan menambahkan
alif ( ا
) dan ta’ majrurah ( ت ) di akhir kata.
[4] Isim tatsniyah : isim yang menunjukkan makna dua, seperti مُدَرِّسَانِ.
Untuk membuat isim mutsanna adalah dengan menambahkan alif dan nun (
ا ن ) di akhir kata, baik mudzakkar maupun
muannas.
[5] Isim jama’ mudzakkar salim : isim yang menunjukkan makna
banyak untuk laki – laki, di akhiri wawu nun atau ya’ nun.
[6] Asmaul khomsah : اب, اخ, حم, فو, ذو , syaratnya dimudhofkan kepada selain ya’
mutakallim ( bermakna saya)
[7] Af’alul khomsah : setiap fi’il mudhori’ yang mengikuti
wazan يفعلان, تفعلان , يفعلون, تفعلون, تفعلين
[8] Yaitu fi’il mudhori’ yang huruf terakhirnya bukan huruf ‘illat
(alif, wawu dan ya’). Contoh يذْهَبُ
[9] Yaitu fi’il mudhori’ yang huruf terakhirnya berupa huruf ‘illat (
alif , wawu dan ya’). Contoh : يَرْمِي
[10] Dlomir
muttasil : isim dlomir yang tidak bisa jatuh pada permulaan kalam, dan juga
tidak bisa jatuh setelah (إلا) dalam tingkah ikhtiyar.
[11] Isim dlomir
yang bisa jatuh pada permulaan kalam, dan bisa jatuh setelah (إلا) dalam tingkah
ikhtiyar.
Komentar